10 Universitas Terbaik vs Universitas Favorit di Indonesia

10 Universitas Terbaik vs Universitas Favorit di Indonesia

Bagi kamu yang telah menyelesaikan Ujian Nasional (UN) di sekolah menengah, tentu kamu tidak sabar lagi untuk mulai mempersiapkan diri dan mencari berbagai informasi mengenai perkuliahan bukan. Atau jangan-jangan sejak lama kamu memang telah mempersiapkannya dan sudah membuat sebuah pilihan?
Banyaknya pilihan universitas yang bisa dipertimbangkan seringkali malah membuat kita kebingungan dalam menentukan pilihan. Hal ini wajar saja, karena bagaimanapun kamu pasti mengharapkan kampus terbaik untuk tempat kamu menimba ilmu. Untuk itu, kamu akan membutuhkan pertimbangan yang matang dan juga perhitungan yang tepat mengenai berbagai hal terkait dengan perkuliahanmu, karena pemilihan kampus yang tepat akan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi masa depanmu nantinya.
Kedua kata di atas tentu memiliki arti yang berbeda, maka kamu perlu mengetahui dengan jelas mengenai keinginanmu yang sebenarnya. Sebagian orang mungkin menginginkan sebuah universitas terfavorit untuk menjadi tempatnya menuntut ilmu, di mana orang-orang tersebut bisa merasa senang dan menemukan semua yang dia cari terkait dengan perkuliahan.
Namun di sisi lain, sebagian orang lainnya justru lebih memilih untuk kuliah di universitas terbaik, di mana mereka bisa menemukan pendidikan terbaik dengan berbagai fasilitas pendukung yang sangat baik dan juga staf pengajar yang ahli. Barangkali bagi orang-orang seperti ini, kualitas pendidikan adalah segalanya, tidak bisa dibandingkan dengan berbagai faktor lainnya yang hanya bersifat tidak terlalu penting bagi mereka.  
Lalu, kamu sendiri akan memilih yang mana, universitas terbaik atau universitas terfavorit? Hal ini bukan sebuah pilihan yang mudah bukan, atau bahkan kamu mungkin akan menginginkan keduanya sekaligus. Simak poin di bawah ini yang bisa kamu jadikan pertimbangan dalam menentukan pilihan.

Baca Juga: Biaya Kuliah Mahal? Ini 7 Cara Mencari Dananya

Kampus Terbaik Indonesia

Kampus Terbaik Indonesia
Kampus Terbaik Indonesia via blogspot.com

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2015 kemarin Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi kembali merilis daftar peringkat kampus terbaik di Indonesia. Berdasarkan data tersebut, ini nama 10 perguruan tinggi terbaik yang ada di Indonesia:
  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  3. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  4. Universitas Indonesia (UI)
  5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  6. Universitas Brawijaya (Unibraw)
  7. Universitas Padjadjaran (Unpad)
  8. Universitas Airlangga (Unair)
  9. Universitas Sebelas Maret (UNS)
  10. Universitas Diponegoro (Undip)
Peringkat tersebut tentu ditentukan oleh beberapa kriteria yang telah ditetapkan sejak awal sebagai dasar penilaian. Hal seperti ini tentu sangat penting untuk dilakukan, agar pendidikan di Indonesia memiliki standar khusus yang akan menjadi acuan dalam meningkatkan kinerja dan juga pola didik yang diterapkan oleh perguruan tinggi selaku penyelenggara pendidikan. Ada 4 kriteria penilaian yang digunakan sebagai indikator dalam menentukan perguruan tinggi terbaik di Indonesia, di antaranya adalah:
  • Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)Poin ini terkait dengan kualitas tenaga pendidik yang terdapat dalam perguruan tinggi, di mana hal tersebut tentu saja menjadi poin terpenting yang akan secara langsung mempengaruhi kualitas pendidikan yang diberikan kepada peserta didik. Terkait dengan SDM yang dimiliki perguruan tinggi, akan dibagi menjadi 2 bobot penilaian, yakni: 12 persen untuk kualitas dosen yang memberi kuliah dan 18% untuk angka kecukupan dosen di universitas tersebut. Dalam kategori ini IPB adalah pemegang peringkat tertinggi dengan skor sebesar 4 poin, dilanjutkan dengan UGM dengan skor 3,99 poin, dan diikuti oleh ITB dengan skor 3,99 poin.
  • Kualitas Manajemen Perguruan TinggiSebuah proses belajar yang baik tentu harus didukung oleh manajemen yang baik pula. Universitas yang baik akan memiliki sebuah manajemen yang cerdas dan bisa diandalkan dalam melangsungkan proses perkuliahan, karena itu sangat wajar jika hal ini menjadi salah satu faktor penilaian. Kualitas manajemen yang dimiliki oleh perguruan tinggi akan memegang bobot penilaian sebesar 30%. Dalam kategori ini UGM memegang peringkat tertinggi dengan skor 3,99 poin, dilanjutkan dengan ITB dan IPB yang sama-sama berada pada 3,99 poin.
  • Kualitas Kegiatan MahasiswaUniversitas terbaik diharapkan mampu melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang cerdas dan memiliki berbagai kegiatan yang bisa mendukung kemajuan mereka di dalam pendidikan. Poin ini juga menjadi salah satu kriteria di dalam penilaian tersebut, di mana universitas dituntut untuk memiliki mahasiswa yang aktif dan bisa melaksanakan berbagai kegiatan yang berguna dan bermanfaat. Kegiatan mahasiswa ini memegang porsi penilaian sebesar 10%. UGM menempati peringkat pertama dengan poin 4, lalu disusul dengan ITB dengan 1,9 poin dan selanjutnya IPB dengan 1,8 poin.
  • Hasil Penelitian Serta Publikasi IlmiahUniversitas harus banyak melakukan penelitian terhadap berbagai bidang yang diajarkan oleh mereka, hal ini diharapkan bisa membantu perkembangan ilmu pengetahuan. Berbagai hasil penelitian serta publikasi karya ilmiah tersebut secara khusus juga menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan peringkat terbaik bagi perguruan tinggi. Hal ini memegang bobot yang cukup besar dalam penilaian ini, yakni sebesar 30%. Penilaian dalam kriteria ini dipegang oleh ITB dengan 4 poin, lalu disusul UGM dengan skor 3,69 poin dan selanjutnya IPB dengan skor 3,1 poin.
Penilaian tersebut tentu akan dilakukan dengan menjumlahkan keseluruhan kriteria yang telah disebutkan di atas, maka ada kemungkinan jika perguruan tinggi akan unggul dalam kriteria tertentu namun tidak menjadi peringkat tertinggi dari penilaian tersebut. Namun jika dijumlahkan secara keseluruhan kriteria tersebut, maka ITB menempati peringkat pertama dengan total skor sebesar 3,743. UGM berada di peringkat kedua dengan total skor 3,69 dan dilanjutkan dengan IPB di peringkat ketiga dengan total skor 3,49.
Sepertinya kamu akan bingung memilih satu di antara perguruan tinggi terbaik tersebut, karena kriteria penilaiannya juga menunjukkan poin yang berbeda-beda dan hal ini tentu akan membuat keunggulan yang berbeda pula pada bidang-bidang yang dijadikan indikasi penilaian pada perguruan tinggi tersebut.

Baca Juga: 5 Cara Mencari Kerja Setelah Lulus Kuliah

Kampus Terfavorit Indonesia

Kampus Terfavorit Indonesia
Kampus Terfavorit Indonesia via blogspot.com

Sama halnya dengan perguruan tinggi yang terbaik, yang terfavorit juga patut untuk dipertimbangkan. Bagaimana tidak, semua orang ingin masuk dan menjadi mahasiswa di universitas ini, tentu akan sangat menyenangkan jika kamu menjadi salah satu yang berhasil mendapatkan kursi di sana.
Berdasarkan data yang diambil oleh panitia SBMPTN 2015, maka didapatkan peringkat perguruan tinggi paling favorit di Indonesia. Berikut urutannya:
  1. Universitas Padjajaran (Unpad) dengan 85.879 peminat
  2. Universitas Hasanuddin (Unhas) dengan 75.155 peminat
  3. Universitas Brawijaya (UB) dengan 73.558 peminat
  4. Universitas Sumatera Utara (USU) dengan 70.568 peminat
  5. Universitas Indonesia (UI) dengan 67.136 peminat
  6. Universitas Diponegoro (Undip) dengan 62.649 peminat
  7. Universitas Gadjah Mada (UGM) dengan 62.574 peminat
  8. Universitas Sebelas Maret (UNS) dengan 58.002 peminat
  9. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan 54.889 peminat
  10. Universitas Andalas (Unand) dengan 54.060 peminat
Perguruan tinggi mana yang akan menjadi pilihanmu dalam melanjutkan kuliah? Barangkali salah satu di antara perguruan tinggi favorit di atas adalah tempat kuliah yang paling kamu idam-idamkan selama ini. Jika iya, jangan lupa menghitung dan mempertimbangkan jumlah peserta dan saingan yang akan kamu hadapi saat mendaftar nanti.
Jumlah peserta tersebut masih perlu kamu ketahui secara detail, artinya cari tahu mengenai jumlah peserta yang mengambil jurusan yang akan kamu pilih nantinya dan jangan lupa melihat perbandingan antara satu perguruan tinggi dengan perguruan tinggi lainnya. Lihat seberapa besar peluang kamu akan diterima di jurusan tersebut pada kampus pilihanmu. Kamu harus jeli dalam melihat tingkat persaingan di sana, agar kemungkinan untuk kamu diterima lebih besar dan menjanjikan. Selain itu, pertimbangkan juga jurusan paling banyak diminati di kampus yang kamu tuju dan akan lebih sulit lagi jika ternyata kamu memilih jurusan tersebut untukmu.

Pertimbangkan dan Pilih dengan Tepat

Memilih tempat kuliah tentu saja bukan sebuah perkara yang mudah, hal ini akan menyangkut masa depan dan juga cita-cita yang akan kamu raih nantinya. Jangan malas untuk mencari tahu dan juga menghitung kemungkinan kamu untuk bisa diterima. Pertimbangkan untuk mengambil sebuah universitas cadangan, jika sewaktu-waktu pilihan utamamu tidak bisa berhasil. Namun yang paling penting dari semua itu adalah mempersiapkan diri dengan matang, belajar dan banyak latihan menjawab soal-soal SBMPTN.

Komentar

Postingan Populer